SEJARAH PANDHU-KUNTHI

AMBALAN PANDHU-KUNTHI

SMK NEGERI 1 BANYUMAS

KANDUNGAN MAKNA (Filosofi Ambalan Pandhu-Kunthi)

1.PANDHU

Dalam cerita pewayangan sosok Pandhu adalah seorang pandhu atau raja yang memimpin suatu kerajaan yang adil makmur dan sejahtera. Dia adalah seorang ayah dari lima ksatria simbol kebenaran yaitu Pandawa lima yang terdiri dari Puntadewa, Werkudara (Bima), Janaka (Arjuna), Nakula, dan Sadewa.

Keutamaan Prabu Pandhu yang patut dijadikan tauladan adalah karakter beliau yang sangat kuat. Raja yang adil, kesatria yang gagah berani serta bertanggung jawab, cerdas, disiplin, berkepribadian luhur, serta taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam kehidupannya beliau rela berkorban sampai ahirnya meninggal demi putra-putranya untuk mencapai kejayaan dan kemuliaan sampai ahirnya cita-cita itu terwujud dan putra-putranya untuk mencapai kejayaan dan kemuliaan sampai ahirnya cita-cita itu terwujud dan putra-putranya berhasil menjadi kesatria utama dan raja yang adil dan bijaksana meskipun beliau tak sempat menyaksikan kejayaan putra-putranya.

Harapan dengan diambilnya nama Pandhu sebagai ambalan SMK Negeri 1 Banyumas adalah bahwa setiap anggota pramuka khususnya putra mampu menjadi sosok yang tangguh, gagah berani, disiplin, cerdas, berkepribadian yang luhur, jujur, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga dapat dijadikan panutan dan suri teladan dan menjadi kebanggan orang tua serta mampu membawa nama baik ambalan kapanpun dan dimanapun.

2.KUNTHI

Dewi Kunthi dalam pewayangan adalah istri dari Prabu Pandhu. Dewi Kunthi memiliki sifat-sifat yang sangat terpuji. Dari beliau lahir tiga dari lima kesatria yaitu Pandhawa lima.

Sosok Dewi Kunthi adalah seorang perempuan yang mempunyai kepribadian yang sangat luhur, jujur, sopan, santun, sabar, berani, dan kuat dalam pendirian, memiliki rasa cinta kasih yang sangat tinggi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dia sanggup membesarkan putra-putranya dengan segala ujian namun beliau tetap tabah dan tawakal sampai mereka tumbuh besar menjadi manusia-manusia yang beruna dan mampu serta berhasil mencapai cita-citanya.

Dengan diambilnya nama Dewi Kunthi diharapkan nama anggota pramuka SMK N 1 Banyumas khususnya putri mampu mengamil keteladanan dari sosok Dewi Kunthi yaitu menjadi manusia yang jujur , sopan santun, sabar, tangguh dan berani, tak takut menghadapi segala ujian, dapat menjaga kehormatan diri, sekolah dan keluarga, penuh cinta kasih, cerdas, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan Pandhu-Kunthi diharapkan akan lahir putra Pandhu dan Dewi Kunthi yang akan mengukir prestasi dan membawa nama harum diri, keluarga, sekolah, nusa dan bangsa.

PANDHU-KUNTHI JAYA!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *